Selasa, 04 November 2014

Pembuatan Aplikasi Dekstop dengan Deplhi7



Assalamu:alaikum wrr.wb

Berikut ini saya akan membuat modul sederhana ini dengan judul “Pembuatan Aplikasi Dekstop (If, else)” bertujuan agar siapapun yang ingin membuat aplikasi sedehana seperti yang saya buat, bisa belajar menggunakan modul sederhana ini.
Ok, disini saya akan membahas langkah-langkah cara membuat Aplikasi Dekstop V2 yaitu penghitungan Luas dan Volume bangun, menggunakan pascal, dengan aplikasi Delphi 7, langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.      Klik/buka aplikasi Delphi 7 pada dekstop

Kemudian Klik file>pilih new>application



Kemudian ganti namapada bagian Form1 menjadi Aplikasi Aritmatika
Pilih label kemudian ketikan “ Pilihan Menu” selanjutnya pilih combobox,

2.   Kemudian kamu bisa atur sendiri agar tampilannya serapi dan seindah mungkin.



       emudian selanjutnya kita masukan pilihan menunya, dibagian combobox, dengan cara klik kotak combobox, kemudian pilih item pada properties, klik bagian string,kemudian akan muncul tampilan layar,dan isikan pilihan menunya nanti.
                                                                                                                                                                   
Kemudian klik Ok
3.Kemudian buat 4 form baru dengan klik new form, untuk membuat masing-masing aplikasi penghitungan luas dan volume bangun,beri nama seperti dibawah:
·         Form2 : Luas dan Volume Balok
·         Form3 : Luas dan Volume Bola
·         Form4 : Luas dan Volume Tabung
·         Form5 : Luas dan Volume Kerucut
Selanjutnya hubungkan masing-masing form tadi dengan cara klik Use Unit, kemudian blok unit 2 sampai unit 5, kemudian klik Ok :
Ok, kemudian  klik pada combobox tadi, pilih Events pilih Onchange, pada kotak sebelah kanannya klik 2 kali, kemudian akan muncul lembar kerja untuk memasukan rumus, agar nanti menu-menu tadi saat diilih bisa langsung membuka lembar kerja(aplikasi)  masing-masing , masukan script dibawah ini:
 
begin
if combobox1.text='1. Luas dan Volume Tabung'then
begin
form2.showmodal;
end
else
if combobox1.text='2. Luas dan Volume Bola'then
begin
form3.showmodal;
end
else
if combobox1.text='3. Luas dan Volume Balok'then
begin
form4.showmodal;
end
else
if combobox1.text='4. Luas dan Volume Kerucut'then
begin
form5.showmodal;
end


end;

end.



4. Kemudian masuk ke masing-masing lembar kerja untuk membuat aplikasi penghitungan luas dan volume bangun masing-masing:
                                                                                                                
5.  Kemudian pada masing-masing tombol hasil, masukan script/code  dibawah ini :

·         Balok
procedure TForm4.Button1Click(Sender: TObject);
var
p,l,t,lb,vb:double;
begin
p:=strTocurr(Edit1.Text);
l:=strTocurr(Edit2.Text);
t:=strTocurr(Edit3.Text);
lb:=2*p*l+2*p*t+2*l*t;
vb:=p*l*t;
Edit4.Text:=currTostr(lb);
Edit5.Text:=currTostr(vb);
end;

end.

·         Bola
procedure TForm3.Button1Click(Sender: TObject);
var
r,lbl,vbl:double;
begin
r:=strTocurr(Edit1.Text);
lbl:=4*3.14*r*r;
vbl:=4*3.14*r*r*r;
Edit2.Text:=currTostr(lbl);
Edit3.Text:=currTostr(vbl);

end;

end.



·         Tabung
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
r,t,lt,vt:double;
begin
r:=strTocurr(Edit1.Text);
t:=strTocurr(Edit2.Text);
lt:=2*3.14*r*r;
vt:=3.14*r*r*t;
Edit3.Text:=currTostr(lt);
Edit4.Text:=currTostr(vt);
end;

end.
·         Kerucut
procedure TForm5.Button1Click(Sender: TObject);
var
s,r,t,lk,vk:double;
begin
s:=strTocurr(Edit1.Text);
t:=strTocurr(Edit2.Text);
r:=strTocurr(Edit3.Text);
lk:=3.14*r*r+3.14*r*s;
vk:=1/3*3.14*r*r*t;
Edit4.Text:=currTostr(lk);
Edit5.Text:=currTostr(vk);


end;


end.

Dan setelah semua selesai, tinggal kita run programnya.


 




Jika tampilan kalian sudah seperti diatas, dan semua aplikasi benar, maka selamat anda sudah memiliki apikasi perhitungan luas dan volume bangun sederhana.
Sekian modul sederhana saya ini, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.

Wassalamu”alaikum wr.wb.
Read More ->>

Langkah Mudah Membuat Gambar Seram


Langkah Mudah Membuat Gambar Seram


Untuk membuat effec gambar terkesan seram, Jika kita analisa, kebanyakan gambar bertema seram ternyata memiliki karakteristik yang sama. Dan hal itu diulang-ulang untuk gambar-gambar yang serupa. Berikut saya akan berikan tutorial langkah mudah untuk menciptakan gambar bertema seram.
1. Buat pose yang yang menyeramkan (menunduk, rambut diurai ke depan, melotot, dll.)

jasa desain grafis photoshop foto seram
2. Ubah background jadi hitam (warna gelap akan meningkatkan kesan seram. Anda dapat mengubah warna ini dengan warna-warna gelap lainnya seperti merah darah, coklat tua, dsb.)

jasa desain grafis photoshop foto seram
3. Buat si subyek gambar membawa sesuatu yang berbau seram (jantung, kepala, potongan kaki, dll.)

jasa desain grafis photoshop foto seram
4. Buat efek terkoyak pada tubuh si subyek (biasanya sesuatu yang seram kebanyakan tidak memakai baju yang rapi? Kesan seram kebanyakan lebih sering pake baju ala kadarnya, terlebih compang-camping)

jasa desain grafis photoshop foto seram
5. Tambahkan efek cipratan darah (seram selalu identik dengan darah)

 jasa desain grafis photoshop foto seram
 6. Tambahkan efek tetesan darah (agar seolah gambar tampak hidup)

jasa desain grafis photoshop foto seram
 7. Tambahkan efek-efek lain yang menambah nilai artistik gambar (bayangkan hal-hal dalam konteks nyata yang kemungkinan terjadi apabila gambar dalam keadaan seperti ini dan seperti ini)

jasa desain grafis photoshop foto seram
8. Tambahkan shadow (agar gambar lebih terlihat real)

jasa desain grafis photoshop foto seram
9. Tambahkan lighting (syarat wajib untuk menambah tingkat kedalaman gambar)

jasa desain grafis photoshop foto seram
10. Tambahkan tulisan (sebagai media penyampai pesan gambar)

 jasa desain grafis photoshop foto seram
Dan inilah hasil akhirnya:
jasa desain grafis photoshop foto seram
Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Silahkan kunjungi link di bawah ini untuk tutorial yang lain.
http://desaingrafisphotoshop.wordpress.com/2014/03/19/10-langkah-mudah-membuat-gambar-seram/
Read More ->>

Jumat, 31 Oktober 2014


Lens Effect Pada CorelDRAW


Di tutorial ini kita akan mencoba membuat atau mengaplikasikan Lens Effect pada CORELDRAW (semua versi mulai 11,12,X3,X4), dengan tutorial ini diharapkan kita dapat mengembangkan sendiri dari penggunaan Lens Effect menurut imajinasi kita masing-masing. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Mari kita mulai Tutorial Coreldraw Dasar kali ini:

1. Sudah pasti buka corelDraw dan buat blank page

2. Buatlah beberapa lingkaran seperti gambar dibawah ini


setelah itu seleksi dua lingkaran kiri dan lalu combine (Ctrl+L) lalu beri warna Hitam, dan buatlah satu lingkaran kecil lagi sehingga seperti pada gambar dibawah ini

Groupkan (Ctrl+G) semua lingkaran bagian Kanan, lalu seleksi semua object dan centerkan ( C ).

3. Buat satu lingkaran besar (lebih besar dari lingkaran pertama) dan beri warna putih, letakan sesuai keinginan seperti pada gambar dibawah ini

hilangkan Out Linenya.

4. Transparasikan lingkaran putih tadi dengan menggunakan Transparency tool

Lalu akan keluar submenu diatas, pilih radial


Setelah itu, masukan object Lingkaran putih tadi pada lingkaran hitam dengan menggunakan Power Clip (Effect >> Power Clip >> Place Inside Continer), Letakan Sesuai kehendak, Buatlah object baru berupa persegi dan gunakan Text Tool lalu klikan pada garis(tepat pada garis object)Persegi, tulis sesuka hati, Ungroupkan (Ctrl+U) lingkaran kanan pertama tadi dan seleksilah lingkaran kecil, beriwarna putih dan transparasikan kembali dengan menggunakan Transparency Tool dan pilih linier.

6. Seleksi lingkaran yag tadi satu group dengan lingkaran kecil, lalu klik Effect >> Lens pada menu


Maka akan muncul Docker Window seperti pada gambar dibawah ini



Pilih Magnify, dan sesuaikan Amount dengan keinginan kita, sehingga menjadi seperti pada gambar dibawah ini


Dan kita tinggal mengexportnya menjadi JPEG untuk membuatnya menjadi bitmap
Docker Window : Window yang menampilkan Perintah-perintah yang dapat kita gunakankembali saat kita melakukan editing

Hasilnya:

KAca PEmbesar

Terimakasih dan Semoga bermanfaat, Selamat Mencoba dan Belajar Coreldraw
SEMOGA BERMANFAAT
Read More ->>

EFEK BUTIRAN AIR MEMBASAHI FOTO


Efek Butiran - Butiran Air Membasahi Foto


Efek butiran - butiran air membasahi foto? tenang.. tenang.. ini cuman rekayasa photoshop aja, jangan dikira prakteknya menyiram foto dengan air betulan, nanti gak malah bagus eh jd rusak...

Oh iya hampir lupa, hari ini kan (premiernya movie Ayat-Ayat Cinta...), trus apa hubungannya dengan ilmu photoshop?
Ya cuma ngasih info aja, hwe3x...

Ok, tanpa banyak chit-chat ini langkah-langkahnya:

1. Buka Gambar yang akan diedit dengan photoshop
Bisa foto kamu atau pemandangan alam, atau barangkali belum punya gambar untuk diedit? silahkan mencari di search engine, disini saya menggunakan gambar pantai...

(beautiful scene)

2. buat lingkaran dengan Elipse Tool
catatan: foreground dan background harus putih


Hasilnya:


3. Selelah itu klik kanan dan pilih Rasterize Layer...

4. Waktunya memberi efek...
Menu - Layer - Layer Style - Blending Options...
Centang Drop Shadow dan Inner Shadow

dan

[OK]
Lalu pada pallete - ubah ke mode Multiply


5. Yup Hasilnya...

Hehehe... Tinggal perbanyak aja tetesan airnya... beres dah...

dengan belajar photoshop Hasilnya????? anda bisa mengutak-atik lagi dan ini hasil dari penulis

Pantai yang indah... Hawaiii.... kapan bisa berlibur ke situ??? ;P

Selamat Mencoba...
dan Semoga Bermanfaat...
Read More ->>

Kamis, 30 Oktober 2014

MEMBUAT APLIKASI PERKALIAN DELPHI


Assalamu’alaikum wr wb

Berikut ini adalah cara belajar singkat aritmatik dasar dengan bahasa paskal menggunakan aplikasi
Delphi7,  disini saya akan menjelaskan langkah dan cara membuat aplikasi. Pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah cara membuat aplikasi untuk perkalian, pengurangan, pembagian, luas rabung, volume tabung, luas belok, volume balok, luas  bola, dan volume bola.
Sebelum memulai yang perlu kita ketahui adalah macam macam tipe data dan variabel. Tipe data yang seringa di gunakan adalah string(kalimat), integer(angka), round(pembulatan) dll. Kemudian variabel adalah tempat menampung nilai sementara.
Yang paling penting harus di ketahui adalah untuk menulis tipe data dan variabel harus di atas begin dan dibawah var. Sedangkan untuk menulis rumus dan program ada di antara begin dan end. Kemudian setelah kalimat harus di tutu dengan’;’.
Untuk kesempatan hari ini saya akan menggunakan contoh tipe data real  karena tipe data ini fleksibel dan bisa di gunakan dengan mudah.

a.      perkalian
Pertama ialah membuka aplikasi Delphi 7 setelah itu klik file     new     other. kemudian klik console aplication kemudian klik OK.

Setelah itu tulis program seperti di bawah ini:

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  a,b:real;
begin
  write ('Nilai A:');
  readln(a);
  write ('Nilai B:');
  readln(b);
  write ('Hasil perkalian A*B:',a*b:3:1);
  readln
end.
Untuk menjalankan nya klik Run/ F9 seperti gambar berikut.

Setelah Run di klik maka aplikasi akan berjalan

Petama masukan nilai A terus tekan enter, kemudian masukan nilai B kemudian tekan enter. rumus perkalian selesai.


b.      pengurangan
Untuk proses membuat rumus aplikasi pengurangan semua langah langkahnya hampir sama dengan perkalian hanya sedikit merubah pada rumusnya.

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  a,b:real;

begin
  write ('Nilai A:');
  readln(a);
  write ('Nilai B:');
  readln(b);
  write ('Hasil penguranagn A-B:',a-b:3:1);
  readln
end.


c.       Pembagian
Untuk proses membuat rumus aplikasi pembagian semua langah langkahnya hampir sama dengan pengurangan hanya sedikit merubah pada rumusnya, yakni seperti di bawah ini:

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  a,b:real;
begin
  write ('Nilai A:');
  readln(a);
  write ('Nilai B:');
  readln(b);
  write ('Hasil pembagian A/B:',a/b:3:1);
  readln
end.

d.      Menghitung luas tabunng
Untuk proses membuat rumus aplikasi luas tabung semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program lain hanya saja harus menentukan rumus luas tabung, yakni seperti di bawah ini:
Rumus luas tabung ialah: 2 x Phi x R x R + 2 x Phi x R x T
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  r,t,ltabug:real;
begin
  write ('Nilai r:');
  readln(r);
  write ('Nilai t:');
  readln(t);
  ltabung:=2*3.14*r*r+2*3.14*r*t;
  write ('Hasil luas tabung:',ltabung:3:1);
  readln
end.

e.       Menghitung volume tabung
Untuk proses membuat rumus aplikasi volume tabung semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program menghitung luas tabung hanya saja harus menentukan rumus volume tabung, yakni seperti di bawah ini:
Rumus volume tabung ialah: Phi x R x R x T
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  r,t,vtabung:real;
begin
  write ('Nilai r:');
  readln(r);
  write ('Nilai t:');
  readln(t);
  vtabung:=3.14*r*r*t;
  write ('Hasil volume tabung: ',vtabung:3:1);
  readln
end.


f.       Menghitung luas balok
Untuk proses membuat rumus aplikasi luas balok semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program lain hanya saja harus menentukan rumus luas balok, yakni seperti di bawah ini:
Rumus luas balok ialah2 x P x L+ 2 x P x T + 2 x L x T
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  p,l,t,lbalok:real;
begin
  write ('Nilai p:');
  readln(p);
  write ('Nilai l:');
  readln(l);
  write ('Nilai t:');
  readln(t);
  lbalok:=2*p*l+2*p*t+2*l*t;
  write ('Hasil luas balok: ',lbalok:3:1);
  readln
end.





g.      Menghitung volume balok
Untuk proses membuat rumus aplikasi volume balok semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program luas balok hanya saja harus menentukan rumus volume balok, yakni seperti di bawah ini:
Rumus volume balok ialahP x L x T
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  p,l,t,vbalok:real;
begin
  write ('Nilai p:');
  readln(p);
  write ('Nilai l:');
  readln(l);
  write ('Nilai t:');
  readln(t);
  vbalok:=p*l*t;
  write ('Hasil volume balok: ',vbalok:3:1);
  readln
end.





h.      Menghitung luas bola
Untuk proses membuat rumus aplikasi luas bola semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program lain hanya saja harus menentukan rumus luas bola, yakni seperti di bawah ini:
Rumus luas bola  ialah4 x Phi x R x R
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :

program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  r,lbola:real;
begin
  write ('Nilai r:');
  readln(r);
  lbola:=4*3.14*r*r;
  write ('Hasil luas bola: ',lbola:3:1);
  readln
end.

i.        Menghitung volume bola
Untuk proses membuat rumus aplikasi volume bola semua langah langkahnya hampir sama dengan langkah langkah membuat program luas bola hanya saja harus menentukan rumus volume bola, yakni seperti di bawah ini:
Rumus volume bola  ialah4/3 x Phi x R x R x R
Maka setelah mengetahui rumusnya kita tinggal memasukan kedalam  proses pembuatan aplikasi seperti dibawah ini :


program Project1;
{$APPTYPE CONSOLE}
uses
  SysUtils;
var
  r,vbola:real;
begin
  write ('Nilai r:');
  readln(r);
  vbola:=4/3*3.14*r*r*r;
  write ('Hasil volume bola: ',vbola:3:1);
  readln
end.


Sekian terimaksih semoga modul sederhana di atas bisa bermanfaat dan membantu. Apabila ada salah kata dan lainya mohon maaf , terimakasih...........

Wasssalamu’alaikum wr wb
Read More ->>

Sample text

Links

Comments

Featured Post 5

Blogger templates

Featured Post 6

Sponsors

Notice

Text

- See more at: http://kuc0pas.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-kursor-mouse-di-ikuti-teks.html#sthash.Zczh07Ao.dpuf
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Followers

Tentang Saya

Jam & Callender