Rabu, 05 November 2014

Pengertian Servis (Perbaikan)




Pengertian Servis (Perbaikan)
Servis sering juga disebut dengan istilah perbaikan(jasa). Pengertian dari perbaikan itu sendiri adalah usaha untuk mengembalikan kondisi dan fungsi dari suatu benda atau alat yang rusak akibat pemakaian alat tersebut pada kondisi semula . Proses perbaikan tidak menuntut penyamaan sesuai kondisi awal, yang diutamakan adalah alat tersebut bisa berfungsi normal kembali. Perbaikan memungkinkan untuk terjadinya pergantian bagian alat/spare part. Terkadang dari beberapa produk yang ada dipasaran tidak menyediakan spare part untuk penggantian saat dilakukan perbaikan, meskipun ada, harga spare part tersebut hampir mendekati harga baru satu unit produk tersebut. Hal ini yang memaksa user/pelanggan untuk membeli baru produk yang sama. 

Tidak setiap perbaikan dapat diselesaikan dengan mudah, tergantung tingkat kesulitan dan kerumitanassembling/perakitan alat tersebut, mulai dari tingkatan jenis bahan hingga tingkat kecanggihan fungsi alat tersebut. Tingkat kesulitan tersebutlah yang menumbuhkan perbedaan jenis perbaikan, mulai jenis perbaikan ringan, perbaikan sedang dan perbaikan yang sering dinamakan servis berat. Dari jenis servis diatas ditentukan biaya perbaikan sesuai tingkat kesulitannya.

Service merupakan satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis karena service merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan. Service juga menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa dari sebua perusahaan. Service yang buruk bisa membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu pentingnya service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita selalu menjaga service kita kepada pelanggan.



Berikut ini adalah pengertian dan definisi service:

# AHMAN SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan

# HERMAWAN KERTAJAYA
Service merupakan sebuah paradigma dari orang - orang dalam sebuah perusahaan, tidak peduli apakah sebuah perusahaan yang menhasilkan product atau service untuk selalu memberikan best value pada pelanggannya

Service adalah "value enhancer" produk dan perusahaan anda

Service merupakan sebuah rangkaian proses, dan sebagai proses ia berkaitan dengan input - output.

# LOVELOCK & WIRTZ, 2004
Meskipun service sering kali memasukkan komponen tangibles yang penting, komponen ini bersama - sama dengan personel yang ahli menjadi kombinasi yang dominan dalam rangkaian value creation untuk penciptaan kinerja jasa

# MOHD ROZANI PAWAN CHEK
Service adalah merupakan gabungan dari selling (menjual), emphasis (menenkankan), return (timbal balik), Visit (mengunjungi), Increase (menambah atau meningkatkan), commitment (mengikatkan diri), dan earn (penghasilan)

# LAURENSIUS MANURUNG
Service merupakan aktivitas perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan meliputi penanganan pelanggan dan keluhan pelanggan

# HOLY ICUN Y & MARTINUS GETTY
Service merupakan komponen tambahan seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi, dll

# IMELDA SAPUTRA
service adalah salah satu nilai tambah yang perlu kita miliki jika kita ingin tetap eksis di tengah - tengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini


 




4 komentar:

Sample text

Links

Comments

Featured Post 5

Blogger templates

Featured Post 6

Sponsors

Notice

Text

- See more at: http://kuc0pas.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-kursor-mouse-di-ikuti-teks.html#sthash.Zczh07Ao.dpuf
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

About Me

Followers

Tentang Saya

Jam & Callender