Pengertian Servis (Perbaikan)
Servis sering juga disebut
dengan istilah perbaikan(jasa). Pengertian dari perbaikan itu sendiri adalah
usaha untuk mengembalikan kondisi dan fungsi dari suatu benda atau
alat yang rusak akibat pemakaian alat tersebut pada kondisi semula .
Proses perbaikan tidak menuntut penyamaan sesuai kondisi awal, yang diutamakan
adalah alat tersebut bisa berfungsi normal kembali. Perbaikan memungkinkan
untuk terjadinya pergantian bagian alat/spare part. Terkadang dari beberapa
produk yang ada dipasaran tidak menyediakan spare part untuk penggantian saat
dilakukan perbaikan, meskipun ada, harga spare part tersebut hampir mendekati
harga baru satu unit produk tersebut. Hal ini yang memaksa user/pelanggan untuk
membeli baru produk yang sama.
Tidak setiap perbaikan dapat
diselesaikan dengan mudah, tergantung tingkat kesulitan dan kerumitanassembling/perakitan
alat tersebut, mulai dari tingkatan jenis bahan hingga tingkat kecanggihan
fungsi alat tersebut. Tingkat kesulitan tersebutlah yang menumbuhkan perbedaan
jenis perbaikan, mulai jenis perbaikan ringan, perbaikan sedang dan perbaikan
yang sering dinamakan servis berat. Dari jenis servis diatas ditentukan biaya
perbaikan sesuai tingkat kesulitannya.
Service
merupakan satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis karena service
merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan. Service juga menjadi
salah satu pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli produk atau
menggunakan jasa dari sebua perusahaan. Service yang buruk bisa membuat
pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu pentingnya
service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita selalu menjaga
service kita kepada pelanggan.
Berikut ini
adalah pengertian dan definisi service:
# AHMAN
SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Service
adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan
kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan
# HERMAWAN
KERTAJAYA
Service
merupakan sebuah paradigma dari orang - orang dalam sebuah perusahaan, tidak
peduli apakah sebuah perusahaan yang menhasilkan product atau service untuk
selalu memberikan best value pada pelanggannya
Service
adalah "value enhancer" produk dan perusahaan anda
#
Service
merupakan sebuah rangkaian proses, dan sebagai proses ia berkaitan dengan input
- output.
# LOVELOCK
& WIRTZ, 2004
Meskipun
service sering kali memasukkan komponen tangibles yang penting, komponen ini
bersama - sama dengan personel yang ahli menjadi kombinasi yang dominan dalam
rangkaian value creation untuk penciptaan kinerja jasa
# MOHD
ROZANI PAWAN CHEK
Service
adalah merupakan gabungan dari selling (menjual), emphasis (menenkankan),
return (timbal balik), Visit (mengunjungi), Increase (menambah atau
meningkatkan), commitment (mengikatkan diri), dan earn (penghasilan)
# LAURENSIUS
MANURUNG
Service
merupakan aktivitas perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan meliputi
penanganan pelanggan dan keluhan pelanggan
# HOLY ICUN
Y & MARTINUS GETTY
Service
merupakan komponen tambahan seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi,
dll
# IMELDA
SAPUTRA
service
adalah salah satu nilai tambah yang perlu kita miliki jika kita ingin tetap
eksis di tengah - tengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini
Jajajajajajajajajajajajajaja
BalasHapusservis komputer ya di serviskomputerjakarta.com
BalasHapuskomputer bermasalah klik https://serviskomputerjakarta.com melayani daerah dkijakarta dan sekitarnya
BalasHapusjasaservicekomputerDKIJakarta
BalasHapus